4 Hal yang Tidak Boleh Terlewat Saat Traveling


#SIAPDIJALAN Supaya Tetap Santuy

Halo! teman seperjuangan. Sebagai seorang yang juga senang traveling, saya merasa terpanggil ketika Ayoomall.com membuat sebuah blog competition dengan tema traveling. Maka saya akan mencoba sharing 4 point versi saya yang tidak boleh terlewat saat traveling.


Traveling adalah kata yang diambil dari bahasa inggris (american english) yang memiliki arti "Perjalanan". Secara makna Traveling adalah sebuah kegiatan perjalanan mengunjungi destinasi-destinasi tertentu disuatu wilayah. Ada beberapa orang yang melakukan traveling dengan maksud untuk berlibur, namun ada pula yang melakukan traveling untuk urusan pekerjaan. Jadi tidak melulu traveling itu untuk berlibur lho ya.

Dalam sebuah perjalanan atau traveling, entah untuk liburan atau pekerjaan, tentunya kita menginginkan semua berjalan dengan aman dan lancar. Terutama jika kita melakukan traveling untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga atau orang-orang terdekat, tentu saja kita tidak ingin acara traveling yang sudah direncanakan jauh-jauh hari menjadi kacau dan tidak menyenangkan hanya karena hal-hal sepele.

Untuk itulah persiapan-peprsiapan detail harus diperhatikan. Mulai dari kondisi fisik, kondisi keuangan, kondisi cuaca, sampai dengan barang-barang yang harus kita bawa harus benar-benar kita perhatikan agar traveling berjalan dengan aman, lancar, dan membahagiakan.

Selain itu, memastikan bahwa tiket perjalanan kamu sudah aman, kemudian kamu sudah memiliki lokasi tujuan yang jelas, dan yang paling penting adalah tempat menginap yang stategis dengan lokasi tujuan itu juga harus benar-benar di pastikan. Lalu alangkah lebih baiknya lagi jika kamu mempelajari budaya dan hal-hal lain terkait lokasi yang ingin kamu kunjungi, dijamin itu akan membuat travelingmu semakin lancar.

Setelah persiapan itu sudah matang, masih ada hal-hal kecil namun sangat berpengaruh terhadap kegiatan traveling yang kamu rencanakan. Pada artikel kali ini akan kita bahas 4 hal yang harus kita bawa dan tidak boleh dilewatkan saat kita ingin melakukan sebuah perjalanan atau traveling.

UANG TUNAI

Di era digital seperti ini memang kita sudah mulai terbiasa melalukan pembayaran menggunakan uang elektronik atau uang digital. Selain lebih aman, biasanya transaksi menggunakan uang elektronik memiliki keuntungan lebih seperti diskon dan promo-promo lain yang menarik. Namun jika kita ingin melakukan sebuah perjalanan alangkah baiknya kita melakukan persiapan lebih.

Yang harus kita pastikan terkait alat pembayaran yaitu: Kartu pembayaran (ATM) harus dipastikan memiliki saldo yang cukup. Kemudian saldo e-money atau uang digital lainnya juga perlu dipastikan dalam jumlah yang aman. Tapi mengingat bahwa kita belum begitu mengenal daerah yang ingin kita kunjungi maka untuk jaga-jaga kita harus sediakan uang cash/uang tunai.

Nominal uang tunai yang kita siapkan tidak perlu dalam jumlah banyak. Siapkan sekitar 400 ribu sampai 1 Juta saja, sesuaikan dengan tujuan traveling kamu. Kenapa? tentu saja membawa uang tunai dalam jumlah banyak lebih beresiko.  Jadi untuk jaga-jaga saja kita siapakan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

Lalu untuk apa uang tunai itu? Biasanya untuk trasportasi konvensional yang ada di daerah-daerah wisata pasti hanya menerima pembayaran uang tunai. Atau misalkan kita berhenti disebuah wilayah pedesaan yang tidak memiliki akses jaringan dan sangat sulit mencari mesin ATM, lalu kita ingin membeli sebuah makanan, maka uang tunai itulah yang akan terpakai. Atau kita dibantu oleh warga desa setempat untuk suatu jasa, lalu kita ingin membayar jasa mereka, maka mereka akan lebih mudah menerima uang tunai.

Tapi ingat ya, usahakan uang tunai hanya dipakai saat kondisi-kondisi tertentu saja. Jika masih memungkinkan gunakan debit atau uang digital akan lebih aman. Tentunya simpan uang tunai di tempat yang aman.

 FIRST AID KIT

Membawa perlengakapan kesehatan. Kita tidak berharap perlengkapan ini akan terpakai. Namun dengan kita membawa perlengkapan kesehatan sederhana ini perasaan kita saat melakukan traveling menjadi lebih aman. 

Berikut perlengakapan kesehatan sederhana yang bisa kita bawa saat traveling:

1. Cutton Bud : Benda kecil ini memang tidak begitu urgent. Tapi kalau dalam perjalanan tiba-tiba ada benda asing masuk ke telinga kita, maka akan sangat mengganggu dan membuat perjalanan menjadi kurang nyaman. Kalau hanya gatal saja mungkin masih aman, ditakutkan jika benda asing itu membuat telinga kita lecet atau luka ringan, tentu itu akan lebih berbahaya. Maka dari itu lebih baik kita membawa cuttun bud, sebagai antisipasi saat telinga terasa gatal, kita bisa langsung atasi itu, sehingga tidak timbul resiko-resiko lain yang lebih serius.
2 . Tetes mata : angin perjalanan, dan debu-debu dapat membuat mata kita iritasi ringan. Apa lagi jika kita melakukan perjalanan menggunakan kendaraan roda dua, maka kemungkinan mata kita iritasi ringan sangat besar. Atau kita melakukan perjalanan ke daerah pantai, kemudian tiba-tiba mata kita terkena air pantai juga dapat membuat mata kita iritasi ringan. Maka dengan membawa obat tetes mata ini kita tidak perlu khawatir lagi. Kita bisa lebih percaya diri melanjutkan acara traveling dengan ceria.
3. Plaster Luka : Kecelakaan ringan bisa saja terjadi. Seperti terjepit, atau tersayat benda tipis, atau bahkan terjatuh saat kamu sedang asik-asiknya berlarian bersama teman saat traveling. Agar luka kecil itu tidak mengganggu keceriaan saat sedang traveling maka plaster luka ini sangat bermanfaat. Benda ini juga sangat berguna jika kita melakukan traveling ke daerah pegunungan, yang harus ditempuh dengan berjalan kaki, biasanya kaki akan lecet tergesek bahan sandal atau sepatu yang agak kasar, maka plaster ini bisa juga digunakan sebagai alas atau bantalan agar bagian tertentu tidak lecet karena gesekan tersebut.

4. Obat Mag dan Anti Kembung : Traveling ke daerah yang waktu perjalanannya cukup lama pasti akan membuat waktu makan kita agak tertunda. Apalagi jika kita naik kendaraan umum yang tidak boleh makan dan minum didalamnya. sudah pasti kita akan menahan rasa lapar meskipun sudah waktunya untuk makan . Tidak ada salahnya kita membawa obat mag untuk berjaga-jaga. 
Selain 4 benda atau obat-obatan yang saya sebutkan diatas, jika kamu memiliki catatan kesehatan lain serperti asma, dan lain-lain. Maka jangan sampai kamu terlewat membawa obat tersebut.

Dengan kita membawa perlengkapan kesehatan sederhana ini, kita berharap kekhawatiran kita saat melakukan perjalanan akan hilang. Sehingga pikiran kita lebih positif. Sekalipun ada kecelakaan ringan yang terjadi kita dalam kondisi sudah siap.

PERLENGKAPAN MANDI

Melakukan perjalanan atau traveling ke daerah yang cukup jauh memang sangat melelahkan. Apalagi jika kondisi jalanan yang macet, dan panas, akan membuat kondisi tubuh kita sangat lelah dan terasa kotor. Kondisi ini sangat mempengaruhi mood kita saat traveling. Maka untuk membuat mood kembali ceria dan kondisi fisik kembali bugar minimal kita harus membasuh wajah dengan air yang segar. Membersihkan diri membasahi kepala membuat otak kita kembali freesh kembali, sehingga otomatis mood akan kembali membaik.

"Kan dihotel sudah disediakan, kenapa harus bawa?" Betul sekali, biasanya hotel-hotel ditempat wisata sudah menyediakan perlengkapan mandi yang cukup lengkap. Namun, yang saya maksud adalah perlengkapan mandi kecil yang harus kita bawa saat perjalanan. seperti sabun cuci muka, kapas wajah, dan handuk kecil.

Selain membuat mood menjadi lebih baik, membersihkan diri juga akan membuat kita menjadi lebih percaya diri untuk melanjutkan perjalanan atau traveling. Dengan kondisi yang lebih bersih dan segar tingkat konsentrasi juga akan meningkat. Sehingga peluang terjadinya kecelakaan-kecelakaan ringan akan berkurang.

Dengan membawa perlengkapan mandi kecil ini, kita bisa membersihkan wajah terlebih dahulu agar terlihat lebih segar saat ingin berfoto-foto di destinasi yang kita tuju. Tentunya dengan harapan hasil foto akan lebih baik. 

GADGET dan PERLENGKAPAN ELEKTRONIK

Apa yang dimaksud dengan perlengkapan elektronik disini adalah alat-alat elektronik yang biasanya kita butuhkan.

Secara umum berikut adalah perlengkapan elektronik yang jangan sampai terlewat saat kita traveling:

1. Hand Phone : Aduh, kalau sampai handphone kamu ketinggalan, fix 100% kamu akan pulang ke rumah untuk ambil handphone kamu. Kita tidak bisa pungkiri bahwa gadget paling utama yang paling sering kita gunakan adalah handphone. Ini sangat penting, karena dengan membawa handphone (smartphone) kita bisa melakukan banyak hal. Penggunaan maps sebagai penunjuk arah, info cuaca, menghubungi teman, alat pembayaran, sarana hiburan, kamera untuk dokumentasi, dan kegunaan-kegunaan lainnya yang sangat banyak sekali. Maka jangan sampai handphone ini terlewat.

2. Charger dan Power Bank : Dua benda ini juga jangan sampai terlewat. Sepanjang perjalanan handphone kita pasti akan terus bekerja. Apalagi jika kita melakukan traveling ke daerah yang susah sinyal, tentu akan membuat baterai handphone kita cepat habis. Maka charger dan powerbank menjadi sangat penting untuk dibawa dan tidak boleh samapai terlewat. Gunakan handphone secara bijak, dan manfaatkan secara optimal jika ada fasilitas untuk charger handphone maupun powerbank segera charger sampai penuh. Agar tidak memberatkan dan lebih mudah untuk dibawa, kamu bisa membawa Micropack Power Bank . Dengan berat hanya 20 gram tentu tidak akan membuat bawaan kita semakin berat. Kamu bisa lihat spesifikasi detail disini. Atau mau yang lebih canggih lagi yaitu wireless charger. Itu akan sangat memudahkan kamu untuk melakukan charging gadget kamu saat traveling. Momax Q-pad dual wireless charger salah satu produk yang sangat rekomended untuk kita bawa traveling. Karena designnya yang modern dan bentuknya yang tipis hanya 8mm, sehingga tidak akan ribet untuk kita bawa traveling. Lihat lebih detail di Ayoomall.com

3. Earphone : earphone atau headset juga perlu kita bawa. Fungsinya juga cukup besar. Pertama, dalam perjalanan traveling yang cukup jauh, kita pasti akan merasa bosan dan jenuh, maka mendengarkan lagu menjadi pilihan yang bagus, gunakanlah earphone agar tidak mengganggu orang lain disekitar kita. Kedua, saat kita menggunakan google maps sebagai penunjuk arah, kita bisa gunakan earphone untuk mendengarkan instrusksi dari maps tersebut tanpa harus memegangi handphone terus-menerus. Tentunya fungsi sepele ini jika kita tidak lewatkan maka akan membuat perjalanan traveling menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Sedikit saran saja, kalau bisa gunakan earphone wireless (tanpa kabel) agar lebih nyaman dan kece digunakan.
Ayoomall.com punya produk yang mendukung nih. IFROGZ - Audio Coda Wireless tersedia. Kamu bisa cek di sini.

Tentu saja masing-masing individu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Kepentingan melakukan perjalanan juga mempengaruhi. Misal kita melakukan traveling untuk urusan kantor atau pekerjaan. Maka Laptop beserta perlengkapan pendukungnya menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan juga.

Kemudian gadget lain seperti kamera dan tripod juga sebenarnya menambah nilai tersendiri jika dibawa. Namun secara fungsi sudah terwakili oleh smartphone kita. Jadi untuk kamera jika terlewatpun tidak berdampak signifikan, selama smartphone kita memiliki kualitas kamera yang baik. 
 
Sedikit ulasan nih, untuk produk ganget canggih asli dan berkualitas kamu bisa cek di Ayoomall.com. Dijamin transaksi aman. 

Oke, sampai pada penghujung tulisan. Setelah 4 point diatas sudah terpenuhi. Maka sisanya kita serahkan pada yang maha mengatur segalanya, setuju?. Harapannya adalah kita benar-benar sudah mempersiapkan diri dengan baik termasuk dalam mempersiapkan perbekalan dan perlengkapan yang harus kita bawa saat traveling , sehingga perjalanan atau traveling yang kita lakukan akan lancar,nyaman, dan membahagiakan. #SIAPDIJALAN Supaya Tetap Santuy

Sekian.
Semoga bermanfaat.

Salam

Penulis.

Artikel ini diikutsertakan dalam Kompetisi Blog Ayoomall.com yang diselenggarakan oleh:  Ayoomall.com

#SIAPDIJALAN Supaya Tetap Santuy

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Anonymous
AUTHOR
October 6, 2019 at 2:15 AM delete

Semoga beruntung bro

Reply
avatar