Tutorial Tulang Daun


Hallo teman, kemabali lagi dengan saya.
kali ini saya mau berbagi tentang cara membuat kerajinan dari daun.

Kalian pernah bingung mau ngado apa buat teman? atau mau ngado ke seseorang tapi nggak tau harus ngado apa? mungkin ini bisa jadi pilihan oke.

Pertama yang harus disiapkan adalah

1.Serbuk KOH boleh juga pakai NaOH
kalau saya pakainya KOH. kalian bisa beli di toko bahan kimia di daerah kalian, bilang aja "beli serbuk KOH"

2.Daun
kalau saya kali ini menggunakan daun dari pohon bodhi

3.Pemutih
bisa pakai pemutih merk apa saja

4.Sikat gigi / kuas
Boleh pakai alat lain, alias seadanya yang berbulu halus.

5.Air bersih
Air nya bebas, cuma buat ngerebus aja kok
-Bani Lelono-














Langkah

oke kita langsung aja eksekusi.
pertama kita masak air dulu sampai mendidih
-Bani Lelono-
Setelah air sudah panas, kita masukkan daunnya ke dalam rebusan air tadi.
Kalau bisa jangan cuma 1lembar daun saja. Masukkan yang banyak, takutnya nanti percobaannya gagal.
-Bani Lelono-























Kemudian tunggu deh sampe daun mulai berubah warna.
Kalau sudah berubah warna atau layu, angkat daunnya dan tiriskan.
-Bani Lelono-























Langkah selanjutnya adalah kita panaskan air secukupnya (sesuai kebutuhan) dan kita campur dengan serbuk K.O.H. Takarannya kalau ditakar beneran 150 ml / 150gr , tapi kalau saya pake insting hehehe. 1 panci kecil itu saya kasih 6 sendok makan KOH. "tidak masalah kalau kebanyakan KOHnya, hanya reaksinya mungkin akan lebih cepat" ujar Anang teman saya saat pembuatan.
-Bani Lelono-























Kalau air larutan KOH sudah panas, kita masukkan daun yang sudah kita rebus tadi kedalamnya.
kemudian biarkan sampai warna daun berubah menjadi kecoklatan.
-Bani Lelono-
























Setelah sudah berubah warnaartinya daging daun sudah empuk dan bisa terlepas dari tulag daun dengan mudah.
-Bani Lelono-















Langkah selanjutnya adalah menyikat-nyikat daun dengan perlahan supaya daging daun terlepas dari tulangnya. letakkan daun yang ingin di sikat didalam piring atau wadah lainnya yang berisi sedikit air, supaya tulang tidak mudah sobek.
-Bani Lelono-















Catatan ya, kalau daunnya disikat masih sulit terkelupas, berarti merebusnya kurang lama.

sikat daun secara perlahan agar hasilnya rapih alias tidak sobek sobek tulang daunnya. (perlu kesabaran).
kalau sudah jadi nanti hasilnya akan seperti ini

-Bani Lelono-















Kalau hasilnya kurang memuaskan alias sobek-sobek, coba lagi dengan daun yang baru, tapi nyikatnya hati-hati.

Kemudian kita bersihkan tulang daun yang sudah jadi dengan air bersih yang dicampur dengan pemutih.
dan sikat-sikat lagi perlahan agar lebih bersih.
-Bani Lelono-















Kemudian kita bilas dengan air bersih
-Bani Lelono-















-Bani Lelono-















Nah Tulang daun sudah jadi.
Kalau mau diberi warna juga bisa. kalian bisa pakai pewarna pakaian. caranya tinggal rendam saja tulang daun di dalam cairan pewarna.

kalau sudah jadi tulang dunnya tiriskan sampai kering.
setelah itu kalian bisa laminating tulang daun tersebut dan dijadikan gantungan kunci, atau diberi bingkai sebagai pajangan, atau bisa juga dijadikan media lukis.

Kalau saya, saya laminating dengan plasatik laminating yang sudah saya beri disain tulisan, kemudian saya beri bingkai. Jadinya seperti ini
-Bani Lelono-
























Selamat mencoba.
Previous
Next Post »