"PRELO" Teman Baru yang Ahli Jual Beli Barang Bekas Berkualitas

Pembuka

Sebelum mulai membahas, akan saya perkenalkan terlebih dahulu siapa sih "Prelo".
Prelo adalah tempatnya jual beli online barang bekas, second, preloved  yang berkualitas. Yang siap memberikan kamu garansi keamanan belanja dan memberi jaminan uang kembali jika terjadi kesalahan.
Pokoknya dia adalah teman yang bisa diandalkan dalam hal jual beli barang bekas berkualitas. Prelo mempunyai misi "Memaksimalkan potensi teknologi untuk membangun gaya hidup ramah lingkungan yang bermanfaat bagi masyarakat, lingkungan, ekonomi, karyawan, dan perusahaan" (Sumber : Prelo).
Itu hanya sekilas tentang Prelo. Kita langsung saja mulai berkenalan dengannya lebih dekat.

Pasang Prelo

Langkah awal adalah kamu harus download app Prelo ini di Hpmu. Caranya tinggal kamu ketik kata "Prelo" di Play Store.










Kalau proses download selesai kamu hanya tinggal ikuti langkah-langkahnya. Mudahkok~.
Setelah itu kamu akan melihat ratusan barang bekas berkualitas disana.

Oke, kenapa sih harus beli barang di Prelo ?
Ada banyak alasan yang bisa membuat kamu puas. Berikut alasan saya kenapa saya mengandalkan Prelo.

1. Banyak Pilihan

Barang yang di jual di Prelo memiliki banyak varian. Mulai dari produk untuk wanita (women), produk untuk pria (man), produk kecantikan (beauty), buku-buku (book), elektronik (gadget), produk yang berkaitan dengan hobi (hobby), barang-barang antik (antique), produk untuk anak (baby & kid), sampai produk untuk perlengkapan rumah lainnya (home & living). 
Tuh liat, menu hobby aja masih banyak pilihannya. Mulai dari produk olah raga, musik, game, dan lain-lain. Dengan banyaknya barang yang dijual ini kita jadi bisa pilih-pilih walaupun itu barang bekas, tapi kita bisa dapat yang berkualitas.













2. Harga Terjangkau

Kalau saya sih harga sangat penting. Setelah melihat-lihat banyak pilihan, maka pertama saya akan melihat barang mana yang harganya "murah" pastinya yang sesuai dengan kemampuan dompet saya.
Kalau di Prelo bukan "murah" lagi, tapi "sangat murah". Bahkan banyak barang bagus yang harganya turun 50%.
 Nah ini bukti bahwa barang berkualitas dengan harga yang sangat murah. Celana+Baju motorcross second yang dijual dengan harga hanya Rp.350.000 saja. Padahal harga asli bisa sampai 1jt lebih.
Atau ini, deker sepak bola bekas hanya Rp.10.000. Hanya 10.000 lho sudah bisa punya pelindung tulang kering untuk main bola. Harga awal bisa sampai Rp.100.000 ke atas, di prelo kita bisa dapat 10x lipat lebih murah. Ya, walaupun bekas, tapi masih berkualitas.


















Atau ini Helm Sepeda F-33 Typhoon bekas hanya Rp.220.000. Masih sangat mulus dan bagus, harganya 2x lebih murah dari harga awal. Yang seperti itu cuma ada di Prelo.

Oke lanjut ke alasana berikutnya, kalau saya beri bukti terus, tidak akan ada habisnya, karena masih sangat banyak barang-barang bekas yang berkualitas dan harganya murah di prelo.















3. Bisa Ditawar

Selain banyak pilihan, dan harganya yang sangat murah, di prelo juga bisa tawar-menawar harga. Jadi harga yang semurah itu masih bisa ditawar. Lumayan kan. Caranya mudah.

Klik tombol chat pada bagian bawah produk. Kemudian nanti akan muncum tampilan berikutnya.




Tampilannya seperti ini. Kemudian kamu bisa pilih fitur "TAWAR". Setelah itu kamu hanya tinggal masukkan harga yang kamu inginkan, tapi ingat, kalau nawar kira-kira ya, jangan berlebihan. *cuma mengingatkan.



















4. Terpercaya dan Aman

Nah, kita sudah tau semua kalau yang namanya jualan online pasti penuh dengan kemudahan dan banyak penawaran, tapi masalahnya terpercaya nggak? mau tanggung jawab gak kalau ada penjual yang nakal..? kalau prelo ini banyak jaminannya. Selain itu dilihat dari banyaknya orang yang sudah menjual barang bekasnya di Prelo itu menunjukkan bahwa Prelo memang sudah terpercaya, ditambah fitur-fitur keamanannya yang membuat belanja online semakin tenang.






Dengan menggunakan rekening bersama prelo ini, uang yang masuk tidak langsung ke penjual, sehingga pembeli tidak perlu khawatir penipuan, jika terjadi hal-hal yang merugikan pembeli maka pihak prelo bisa mengembalikan uang si pembeli. Nah, enak to?






Tidak hanya kasus barang tidak dikirim, atau barang fiktif, bahkan barang yang tidak sesuai dengan apa yang diinformasikan juga akan dijamin oleh prelo. Jaminannya 3x24 jam bro~.. Mantap kan?














Nah ini juga ada fitur baru. Namanya fitur Laporkan. Jadi jika status pesanan kamu sudah "DITERIMA" padahal barang belum sampai, nah kamu bisa laporkan itu pake fitur baru ini. Nantinya akan diproses oleh pihak prelo sehingga si penjual tidak akan mendapatkan uangnya sebelum barangnya benar-benar terkirim. Nah, aman kan?
Itulah 4 alasan saya mengandalkan Prelo dalam hal jual beli barang bekas yang berkualitas.


Nah, Kalau belanja di Prelo aman, maka semakin banyak orang yang akan mengunjungi Prelo untuk mencari barang bekas, second, atau preloved yang berkualitas. Maka itu merupakan peluang bagi kita untuk mendapatkan keuntungan juga. Dengan cara menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai namun masih bisa digunakan di Prelo.
Kalau belanja di Prelo sangat murah, maka....
Cara menjual barang di Prelo sangat mudah.

1. Foto dan Upload di Prelo

Kamu ambil barang bekas atau second yang kamu punya, kemudian foto.Usahakan kamu memfoto produkmu itu dari berbagai sudut, karena sekali lagi prelo mengutamakan keamanan berbelanja. Jadi kita sebagai penjual juga harus sejalan dengan tujuan itu. "Jadialah penjual yang terpercaya".
Setelah itu kamu masuk dan upload foto produkmu itu sesuai plot yang sudah tersedia seperti gambar disamping. 
1. Gambar utama (tampak depan)
2. Tampak belakang
3. Jika dipakai
4. Foto label atau Merk
5. Foto bagian yang lecet/cacat/rusak

Setelah upload foto kamu bisa isi keterangan produkmu sesuai kolom-kolom yang sudah disediakan, mulai dari detail barang, ongkos kirim, harga, alasan mengapa menjual barang, informasi penjual, dan lain-lain.









2. Share ke Media Sosial

Sebagai penjual, kita memang harus "jemput bola" istilahnya. Dari pada diam menunggu orang melihat produk yang kita jual, lebih baik kalau kita share ke media sosial supaya banyak orang yang akan melihat produk yang kita jual. Selain itu, kita akan mendapat tambahan keuntungan dari Prelo hanya dengan share produk jualan kita ke media sosial.
Ini saya misalkan. Saya menjual produk seharga 20.000. Maka uang yang akan kita terima hanya 18.000 karena ada charge sebesar 10% . Namun jika kita share ke Intagram kita akan dapat tambahan keuntungan 3%, Share Facebook 4%,  dan Twitter 3%, maka total jika kita share semua akun tersebut, kita akan dapat tambahan keuntungan sebesar 10%. Sehingga Charge dia awal akan tertutupi. Akan lebih maksimal jika kita membuat strategi penjualan yang lebih mantap lagi, yaitu dengan menyiapkan harga untuk charge, jadi misal saya ingin menjual produk seharga 20.000, maka saya harus menulis 22.000 sehingga keuntungan yg didapat lebih besar. hehehe itu cuma tips.










3. Kirim Barang dan Konfirmasi

Jika ada pembeli yang memesan produkmu, maka kamu akan mendapat notivikasi ke akunmu dan emailmu. Kemudian kamu tinggal melihat informasi si pembeli, mengecek apakah pembayaran sudah dilakukan, jika sudah maka kamu bisa mengirim barang bekas berkualitasmu ke alamat pembeli, kemudian lakukan konfirmasi dengan mengisi formulir yang telah disediakan.
Masukkan nomer resi dan fotonya, sebagai bukti bahwa kamu sudah benar-benar mengirim produk itu.
Setelah itu kamu hanya tinggal menunggu barang sampai ke pembeli.


















4. Tarik Uang

Setelah pembeli menerima barang tersebut, maka Prelo balancemu akan bertambah, dan itu lah yang bisa kamu cairkan. Kamu berhasil mendapatkan uang dari barang bekas yang kamu punya.

Bagaimana? mudah bukan...
Itu tadi adalah kemudahan jual beli barang bekas berkualitas di Prelo. Manfaatkan barang-barang bekas yang masih bisa terpakai. Bukan masalah jadi apa jika dibuang, tapi barang itu lebih bermanfaat jika masih bisa dimiliki oleh orang yang lebih membutuhkan.
Selamat berburu barang bekas berkualitas di Prelo

Entri ini diikutkan dalam Prelo Blog Competition
Previous
Next Post »