Outlier : Ide Startup di bidang Statistik


Skripsi revisi terus? Salah hitung data? Tidak paham Normalisasi data? Tidak paham dengan output SPSSnya jadi salah interpretasi? Artikel ini sedikit ada kaitannya dengan pertanyaan itu :D

 #StartupLyfe #DWVlogCompetition #MyRepublicIndonesia

Prakata : Setelah beberapa bulan tidak menulis lagi, kali ini saya kembali dan akan menceritakan tentang ide Startup yang sedang kami (saya dan tim) buat. Sebelumnya, satu tahun yang lalu saya juga sempat membuat tulisan tentang ide bisnis yaitu Terminal IT feat ASUS all in one Z240IC with Intel Core I 7 Processor . Kalau satu tahun lalu saya menggagas tentang ide bisnis IT, kali ini untuk event lomba blog yang diadakan oleh  MyRepublic.co.id ini saya lebih mengangkat "Statistik" sebagai dasar ide startup ini. Karena kebetulan saya mengambil program studi Statistika Terapan dan Komputasi.















Sebelum kita bahas ide startup yang luar biasa ini, kita perlu tahu dulu apa itu startup?
Startup adalah sebuah perusahaan baru yang sedang berkembang atau dalam masa merintis dan lebih di tujukan untuk perusahaan bidang teknologi dan informasi.

Jasa yang ditawarkan oleh startup-startup ini beragam jenisnya, mulai dari jasa layanan belanja, jasa layanan perjalanan, jasa transportasi, dan jasa lainnya. Namun sepertinya belum ada yang bergerak dibidang Statistik. Itulah yang mendorong kami terutama mahasiswa statistik untuk ikut meramaikan dunia startup, "Mantap".

Mencari Ide




Oke, Setelah kita tahu pengertian startup, maka kita berdiskusi dan mencari peluang "apa yang bisa kita tawarkan kepada custemer". Kemudian munculah ide tentang jasa "OLAH DATA".
Nah, pasti rekan-rekan mahasiswa sudah tidak asing lagi dengan istilah olah data kan? Pasti pernah lihat iklan olah data di pinggir-pinggir jalan, di tiang-tiang dan tembok sekitar kampus?

Dari ide tersebut kami coba untuk mengidentifikasi masalah. Masalah yang muncul dari sistem Penyedia Jasa olah data yang biasa adalah:

1.  Para ahli statistik yang menawarkan jasa olah data masih mengunakan cara tradisional untuk melakukan promosi atau mencari customer, hal ini sungguh menghabiskan banyak tenaga, uang, dan termasuk tindakan merusak lingkungan. Bayangkan kalau setiap penyedia jasa melakukan iklan 30 kali itu artinya ada 30 tempat (tembok, pohon,tiang) yang terkotori, bagaimana kalau ada 10 penyedia jasa, maka ada 300 tempat yang terkotori. Sangat tidak ramah lingkungan.

2.   Calon customer atau pelanggan tidak dapat melihat secara detail tentang orang yang menawarkan jasa olah data itu, sehingga merasa ragu saat ingin menghubungi nomer yang tertera pada iklan di pinggir jalan tersebut. Kalau sampe yang menyediakan jasa olah data ternyata dosen kita sendiri kan gak lucu T_T.

3. Harga yang tidak pasti. Beberapa mahasiswa mungkin mendapat jasa dengan biaya murah, namun ada pula dengan kasus serupa namun biaya lebih mahal. Nah kalo yang mengolahkan data sama-sama anak muda kan sama-sama paham kemampuan kantong mahasiswa hehehe.

Oke, intinya dari tiga masalah utama diatas maka kami akan membuat sistem yang dapat mengatasi masalah tersebut. Wah kalau sampai terrealisasi ide ini pasti bakal sangat menguntungkan buat mahasiswa nih :p










Outlier : Kami memberi nama untuk Startup ini adalah "Outlier
Bidang : Statistik
Jasa : Olah Data Statistik


Untuk Ide awal ini jasa yang ditawarkan Outlier adalah Olah Data. Olah data di sini cukup luas cakupannya, mulai dari olah data untuk Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, Disertasi, atau penelitian-penelitian lainnya.

Kemudian untuk pengembangan kedepan Outlier akan menyediakan jasa:
1. Jasa Design Grafis untuk menampilkan Statistik Deskriptif agar lebih menarik
2. Jasa Tim Survey, untuk melaksanakan tugas survey, sensus, atau pengambilan-pengambilan data lainnya.

Sekali lagi ini hanya jasa "OLAH DATA" bukan jasa "PEMBUATAN SKRIPSI" jadi Outlier tidak menerima pesanan ketik skripsi, Outlier hanya memberikan bantuan tenaga ahli untuk olah data dan analisis data statistik.

Sasaran
Sasaran pasar yang kami target adalah mahasiswa tingkat akhir, S1, S2, jurusan Non Matematika. Mengapa demikian? Karena biasanya mahasiswa jurusan matematika ini sudah mumpuni untuk melakukan analisis data sendiri, meskipun jurusan lainpun sebenarnya mendapatkan mata kuliah Statistika Dasar, namun tidak mendalami bidang tersebut, sehinga pasti membutuhkan tenaga ahli untuk membantu menyelesaikan problem yang dialami. Sedangkan mahasiswa S2, mayoritas punya kesibukan seperti mengajar, dan usaha lainnya, sehingga waktu yang dimiliki sangat terbatas, hal itulah yang mendorong kebiasaan untuk meminta bantuan tenaga ahli untuk mengolah data penelitiannya.

Prototipe
Setelah menemukan ide dan membuat nama yang cocok, kami segera membuat prototipe agar proses pembuatan aplikasi nanti lebih jelas tergambarkan.
1. Kami menggunakan Fanpage pada Facebook sebagai gambaran sistem aplikasinya
2. Kami membuat Google Form sebagai gambaran fitur form pemesanan pada aplikasi nantinya

Alur Kerja





















Untuk alur pemesanan jasa olah data di Outlier ini :

1. Pemesan cukup membuka aplikasi Outlier dan mengisi form pemesanan.
Nah, pada tahap inilah pembedanya. Saat mengisi form pemesanan, customer atau pemesan bisa memilih pengolah yang diinginkan.
pada prototipe ini baru terdapat tiga orang pengolah data, realisasinya nanti mahasiswa atau orang yang berkompeten di bidang statistik akan kami rekrut untuk bergabung menjadi tim pengolah data.
Dengan sistem pemesanan Online ini maka Cutomer atau pemesan bisa memesan jasa olah data dimanapun dan kapanpun, tidak perlu repot dan khawatir karena semua informasi sudah tertera jelas.




2. Setelah mengisi form pemesanan, customer atau pemesan akan mendapat pesan langsung dari pengolah yang dipilih. Kemudain silahkan atur waktu dan tempat untuk bertemu dengan pengolah, bisa tatap muka langsung atau berkas data dikirim via email, itu bisa disepakati sesuai dengan keinginan customer. Kalau dalam waktu 1x24 jam tidak juga mendapat pesan dari pengolah maka CS Outlier akan menanganinya langsung. Jadi pokoknya terjamin deh hehehe.

3. Kemudian bertemu dan ceritakan masalahnya, sampaikan keinginan kamu, dan berikan semua data yang ingin di analisis, lalu tinggal tunggu selesai. Proses pengerjaan tergantung banyak sedikitnya data dan tingkat kesulitan kasus.

4. Selesai, pengolah akan menginterpretasikan hasilnya sampai tuntas, sampai benar-benar kamu mengerti dan tidak lagi ada revisi dibagian penghitungan dan interpretasi.

Flow Chart
Untuk menggambarkan alur sistem kerja Outlier, berikut adalah flowchartnya
Pada flowchart di atas menunjukkan alur kerja secara detail:
1. Customer harus membuka aplikasi Outlier
2. Di dalam aplikasi tersebut terdapat informasi mengenai harga, identitas pengolah, berita, panduan, sejarah, dll.
3. Jika ingin memesan jasa olah data maka pilih menu form pemesanan kemudian isikan data dengan benar.
4. Setelah mengisi form pemesanan maka data pemesan akan masuk ke database Outlier. Data tersebut akan divalidasi oleh CS. Jika data tersebut valid maka CS akan menghubungi pengolah yang dipilih.
5. Kemudian pengolah yang dipilih akan menghungi customer atau pemesan untuk menyepakati sistem pertemuannya, bisa bertemu langsung atau bisa juga jarak jauh. Tempat dan waktu menyesuaikan pemesan, agar pemesan merasa aman. Pengolah siap datang.
6. Pengolah datang, kemudian kamu menceritakan kasus yang kamu teliti, masalah yang terjadi, bentuk data, dan jenis analisisnya, semua dibahas secara detail. Selain membahas mengenai teknis analisis kamu juga perlu membahas mengenai biaya, pengolah akan menjelaskan secara detail.
7. Jika sepakat maka data akan diproses segera. Kamu bisa menghubungi pengolah untuk memantau perkembangan datamu.
8. Setelah data selesai di analisis, Outlier akan memberi kamu pemberitahuan bahwa datamu sudah selesai di analisis.
9. Saat kamu sudah mendapat pemberitahuan tersebut barulah kamu melakukan pembayaran. Hal ini kami lakukan agar kamu tidak merasa takut tertipu. Jadi kalau data milikmu tidak kunjung dikerjakan kamu tidak merasa ditipu karena sudah bayar terlebih dulu. Pembayaran bisa degan transfer ke rek.Outlier atau cash sambil bertemu langsung dengan pengolah.
10. Jika kamu belum membayar, maka pengolah tidak akan menjelaskan hasil analisisnya, hal ini juga kami lakukan untuk menjamin penghasilan para pengolah di Outlier. kamu akan dapat pemberi tahuan secara bertahap selama 1 bulan, jika tidak ada respon maka kami anggap batal dan akan di selesaikan sebagaimana ketentuan di awal.
11.  Jika kamu sudah membayar maka pengolah akan menjelaskan hasil analisis sampai tuntas. Waktu tidak terbatas. Selama data itu masih salah maka pengolah masih bertanggung jawab sampai tidak ada revisi di bagian hasil analisis lagi.
12. Jika dosen pembimbingmu sudah meng acc hasil interpretasinya maka pesanan kami anggap tuntas.

Kurang lebih seperti itu sistem kerjanya Outlier.

Keunggulan














Keunggulan atau keuntungan menggunakan jasa Outlier ini adalah:

Bagi Custemer:

1. Mendapat pelayanan jasa olah data yang terpercaya dan mudah.
tidak perlu takut tertipu, atau ditinggal kabur, atau pengolah fiktif, atau masalah lainnya, karena informasi pengolah jelas tertera secara rinci. Dengan batuan aplikasi ini maka memesan jasa olah data akan semakin mudah dan cepat.

2. Bisa memilih pengolah sesuai dengan keinginan.
Bagi kamu yang agak canggung jika bicara dengan lawan jenis maka bisa memilih yang sesuai. Atau kamu yang kurang nyaman jika harus berkomunikasi dengan orang yang sudah berumur maka kamu bisa memilih yang muda, dan pertimbangan-pertimbangan lainnya seperti latar belakang pendidikan, pengalaman, asal domisili, dll. Kamu tinggal pilih.

3. Pengolah akan menjelaskan interpretasi atau output dengan jelas dan rinci, sampai kamu benar-benar paham dan tidak ada lagi revisi dibagian hasil analisis.

Bagi Pengolah:

1. Tidak perlu membuang waktu dan tenaga untuk promosi jasa.
Nah, jika kamu bergabung dengan tim olah data outlier maka kamu tidak perlu lagi mencetak dan menyebar kertas di pinggir-pinggir jalan untuk promosi jasa olah data.

2. Bisa berdiskusi dengan sesama tim jika ada kesulitan dalam analisis data.
Selain diskusi, Outlier juga mengadakan agenda rutin seperti Upgrading , seperti startup-startup lain Outlier juga akan selalu memantau perkembangan dan kualitas tim olah datanya.

Penutup
Bagaimana ide startup kali ini? Pasti sangat luar biasa kan ? Hehehehe
Jadi sekali lagi ini baru gagasan saja, namun demikian kami baru membuat prototipenya saja dan sudah mendapat beberapa pelanggan, Nah mantap kan :D

Fb : Outlier Official : Olah Data
Ig : @adm.outlier

Kesimpulan : Startup ini memang bisa dikatakan sedang trend di masa ini. Perusahaan berkembang dibidang teknologi yang menawarkan banyak sekali jasa. Jasa yang ditawarkan tidak terbatas. Namun untuk membuat sebuah perusahaan startup tidak semudah yang kita bayangkan. Kita perlu perencanaan yang matang, dan analisis pasar yang kuat, juga perlu tim yang kuat untuk bisa berdiri dan bersaing dengan startup lainnya.

Memang dengan munculnya berbagai macam perusahaan startup ini semua urusan bisa menjadi lebih mudah. Bahkan jasa Olah data statistikpun bisa dirancang menjadi sebuah perusahaan startup.

Artikel ini diikut sertakan dalam event lomba blog StartupLyfe Blog Competition oleh MyRepublic
Semoga menginspirasi
#StartupLyfe #DWVlogCompetition #MyRepublicIndonesia


Salam

Penulis
Lates
Previous
Next Post »